Tiga Unsur Penting SEO

Tiga Unsur Penting SEO

Ada tiga unsur utama dalam situs SEO, kita perlu tahu. Ketiga unsur, antara lain; Riset kata kunci, SEO Friendly Website (Pada Halaman), dan baclinks (Off Page). Dengan mengetahui unsur-unsur penting dalam SEO, kita akan lebih mudah melakukan optimasi website di search engine untuk jangka panjang.
Mari kita membahas tiga unsur utama dari SEO adalah:

Kata Kunci Situs

Kata kunci adalah frase atau string dari kata-kata yang seseorang mengetikkan di kolom pencarian, ketika mereka mencari informasi di mesin pencari, misalnya, Google. Mesin pencari jenis pengguna kata kunci dapat menjadi salah satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan bisa dalam bentuk kalimat pendek, tergantung pada masing-masing pengguna. Ada beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh Google. Nah, pemilik website perlu melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan daftar kata kunci tersebut.

Riset kata kunci merupakan langkah yang dilakukan oleh pemilik website, dalam mencari dan menentukan kata kunci yang paling relevan dengan situs niche yang akan dibangun, baik itu kata kunci pada halaman utama atau halaman artikel . Dengan melakukan penelitian kata kunci kita dapat mengetahui kata kunci apa yang dicari oleh pengguna Google, dan bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.

Ketika website kami menggunakan kata kunci yang tepat, maka kemungkinan mendapatkan peringkat yang baik di SERP (Search Engine Result Page) akan lebih baik, dan tentu saja, ini akan memberikan visitor dan potensi besar. Menggunakan kata kunci yang tepat berarti bahwa kata kunci tersebut adalah kata kunci yang paling relevan untuk website bisnis Anda, banyak digunakan pengguna, dan tingkat persaingan masih bisa dicapai.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih kata kunci yang tepat untuk website Anda. Salah satu cara terbaik untuk menemukan kata kunci tersebut adalah dengan menggunakan alat bantu gratis dari Google, Google Planner Keyword. Dalam artikel ini saya tidak membahas bagaimana memilih kata kunci yang tepat, pasalnya pada topik saya diposting di artikel lain.

Pada intinya, riset kata kunci merupakan langkah pertama yang sangat penting dalam membangun sebuah website yang SEO friendly. Menurut pendapat saya, elemen ini memiliki sekitar 40% dari situs SEO. Memilih kata kunci yang tepat akan mendapatkan visitor organik dari mesin pencari akan lebih mudah.

Membangun SEO Friendly Web (Pada Halaman)

Apa web SEO friendly? Yang dimaksud dengan website SEO friendly adalah website yang dibangun untuk standar tertentu. Sehingga website ini mudah dinavigasi dan diakui oleh mesin pencari. Selain itu, web juga harus memberikan manfaat bagi pengguna dan mudah digunakan / menavigasi. Sebenarnya ada banyak hal yang ada di situs Pada Halaman. Tapi senenarnya hanya sedikit yang sangat berpengaruh pada kekuatan On Page SEO, termasuk:

A. Penempatan Kata kunci
Jika Anda ingin mengoptimalkan halaman web untuk kata kunci tertentu, maka pastikan kata kunci tersebut tercantum dalam halaman situs Web Anda sehingga Google lebih memahami apa fokus dari halaman website Anda. Beberapa bagian dari website Anda harus menambahkan kata kunci:
  • Judul Tag / Judul Halaman web
  • Meta Description
  • Artikel
  • URL semantik
  • Sistem Navigasi
  • H1, H2, H3 tag
  • Link internal
  • File gambar (Alt)

B. Membangun Kualitas dan relevan Konten balasan
Jika kita melihat, sebagian besar situs yang memiliki banyak konten berkualitas dan pasti mendominasi SERP Google. Oleh karena itu, pastikan konten Anda berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membuat konten yang detail, biasanya panjang dan konten rinci lebih mudah masuk ke halaman utama Google dan cenderung bertahan lebih lama di SERP Google. Jika Anda ingin mengoptimalkan konten untuk kata kunci tertentu, pastikan kata kunci tertanam dalam paragraf awal 100-150 artikel kata dibuat.

C. Meningkatkan Interaksi Pengguna Situs
Interaksi pengguna di website / blog berpengaruh dalam SEO. Interaksi pengguna ini akan membuat tingkat bouncing di website akan lebih kecil. Untuk mengurangi tingkat bouncing, kita bisa menambahkan multimedia ke artikel blog, seperti menambahkan gambar yang menarik, menambahkan video, atau diagram, sehingga konten kita akan lebih menarik dan membuat berlama-lama pengguna. Selain itu, memberikan kesempatan bagi audiens Anda untuk memberikan pendapat atau komentar dengan menambahkan komentar pada artikel blog Anda.

D. Menambahkan Outbound Link
Menyediakan link ke halaman web lain yang relevan dengan konten blog Anda juga dapat mempengaruhi SEO. Dengan menambahkan link keluar, ini akan memberikan sinyal pada Google, apa fokus dari topik pada konten Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa sebuah website adalah website yang memiliki Otoritas link di topik yang Anda bahas.

E. Kecepatan Website
Pihak Google tidak pernah menyebutkan bahwa kecepatan loading website adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam SEO. Situs lambat beban yang memproses biasanya tertutup oleh pengguna yang tidak sabar, sehingga berpengaruh pada hasil pencarian Google. Silakan periksa kecepatan loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.

Membangun Backlink (Off Page)

Sederhananya itu adalah link atau backlink dari link halaman web ke situs lain, dengan kata lain. website untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk mengunjungi situs web lain. Tujuan membangun backlink adalah untuk meningkatkan popularitas halaman web di Internet, sehingga website ini kemungkinan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik SERP (Search Engine Result Page) Google.

Ada banyak situs yang bisa kita gunakan untuk membangun backlink. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa jenis backlink adalah situs kampanye SEO sangat efektif, yaitu:

A. Links media sosial
Saya menggunakan media sosial untuk membangun backlink adalah Google+, Twitter, Facebook, Pinterest, dll Link dari media sosial biasanya nofollow, tapi masih akan meningkatkan popularitas halaman web.

B. Links of social bookmarking
Bookmark sosial yang sering saya gunakan adalah Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, dll Link dari bookmark sosial, ada nofollow dan ada juga dofollow. Optimasi menggunakan bookmark sosial biasanya, sangat efektif untuk situs lokal, tapi harus berhati-hati karena ada terlalu banyak link dari situs bookmark sosial dan dalam waktu singkat, itu bisa menjadi buruk.

C. link dari Forum Signature
Sebagian besar link pada forum ini situs dofollow. Lebih nikmat lagi, selain untuk menempatkan link di tanda tangan, kita harus juga menempatkan link dalam artikel kami posting di forum, efek ini lebih baik untuk SEO. Tapi pastikan Anda tidak membuat SPAM. karena sebagian besar situs forum memiliki aturan yang sangat ketat.

D. link dari Web 2.0 properti
Beberapa Web 2.0 yang sering saya gunakan adalah Blogger.com, WordPress.com. Tumblr.com, Edublogs.org, Bravenet.com, Blog, com, dll Links web 2.0 sebagian besar dofollow. Khusus untuk Blogger dan Tumblr biasanya, saya mengambil keuntungan dari blog zombie dan sudah memiliki Page Rank (PR) sebagai sumber backlink. Blog ini telah ditinggalkan oleh pemiliknya dan bisa didaftarkan kembali oleh pengguna baru, oleh pengguna blogger sering disebut Blog Zombie.

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan poin-poin penting yang harus dilakukan dalam kampanye situs SEO. Sehingga website Anda akan optimasi baik di search engine. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar
Cancel