MAPPING SILO PILLAR
"Mas saya niche nya gado-gado nih, mau fokus ke subniche aja. Gimana ya?" tanya dirinya beberapa waktu lalu.
Dari pengalaman-pengalaman kami ternyata ada beberapa langkah yang perlu dicoba :
1. Lihat impresi tertinggi Google Search Console
Ternyata, dirinya memiliki keyword tertinggi berniche desain interior. Namun, beberapa keyword lainnya ada berniche desain rumah, tips bangunan, teknologi, kesehatan, mobile legend dll. Hmm random juga ya orang iniš¤£
2. Lihat komposisi niche terbesar
Kalau diambil hitungan kasar kira-kira begini deh
Furnitur dan desain = Merajai top keyword + jumlah artikel hanya 9
Tekno = Tayangan tinggi + Tidak merajai top keyword + jumlah artikel paling banyak
Kesehatan = ampas
Mobile legend juga :b
3. Studi kasus
Furnitur dan desain bisa merajai top keyword karena subniche spesifik dan persaingan di beberapa keyword yang diambil masih minim.
Artinya jika perlu dikembangkan lewat artikel silo pilar masih sangat baik
Tekno tayangannya doang yang tinggi, tapi selalu kalah dengan kompetitor. Kalau dipaksakan agak sulit, soalnya dia ngambil keyword yang banyak dikerjakan akang akang tribun dll.
4. Penentuan Pillar (Suntik Backlink)
Yup, artikel pilar tadi yang punya impresi paling tinggi di modif jadikan pillar sehingga posisinya semakin naik-naik ke puncak gunung.
Jika perlu ditambah backlink pada keyword tersebut agar lebih melesat.
5. Buat artikel pendukung dari artikel utama tersebut lalu tempelkan link secara natural di artikel pilar
Hal ini membantu menaikkan artikel pendukung yang pembahasannya cenderung sama tapi belum terjawab secara spesifik di artikel pilar utama. Dengan begini, artikel pilar membantu artikel pendukung untuk naik.
6. Konsisten
Gak perlu dijelaskan ya kalau poin ini hehe
Dan ini adalah screenshoot GSC dia setelah hijrah
Ayok diskusi metode apa yang kalian lakukan?
Kalau butuh artikel plus dibuat mappingnya PM saja kawan masih open slot
#ayodiskusi